Mana Yang Lebih Bagus AMP Atau PWA?

 

Mana Yang Lebih Bagus AMP Atau PWA? - Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang AMP (Accelerated Mobile Pages) dan PWA (Progessive Web Apps). Teknologi yang semakin berkembang, terutama pada bidang teknologi tentu membuat banyak perusahaan jasa pembuatan web berputar otak untuk membuat sebuah situs web yang ramah dan dapat digunakan di mobile device atau smartphone.

Pada saat ini teknologi yang cukup ramah untuk smartphone yaitu AMP dan PWA, meski sekilas sama, namun ternyata kedua teknologi ini berbeda cukup jauuh.

AMP (Accelerated Mobile Page)

AMP merupakan sebuah program open-source yang dibuat untuk para pengguna mobile device atau smartphone sehinggaa cepat dalam proses loadingnya dibandingkan halaman website biasa. AMP didesain khusus agar bisa lebih cepat dibaca dan juga didesain agar bisa di-cache sehingga Google bisa meng-host halaman tersebut, meng-host konten langsung di Google.

Biasanya untuk mengetahui blog yang menggunakan AMP pada hasil pencarian di google terdapat tanda petir, loadingnya cepat, serta bisa swipe kanan kiri untuk membaca artikel lainnya. Itu merupakan tanda bahwa halaman tersebut adalah AMP.

Meski secara teknis teknologi AMP bukanlah faktor SEO, namun karena teknologi ini mampu meningkatkan loading page sehingga turut mendorong kepuasan penguna internet, jadi secara tidak langsung AMP memaksimalkan SEO.

AMP memiliki banyak kelebihan bagi pengguna maupun pemilik website, diantaranya waktu loading yang lebih cepat, visibilitas kontan lebh tinggi, mendukung ads, dan meningkatkan SEO. Kenapa MP sering ditemukan pada website seperti berita dan blog-blog artikel? karena memang dibuat untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam membaca artikel.

AMP tidak mendukung untuk halaman sejenis seperti e-commerce, AMP lebih cocok digunakan pada website yang berbasis kontenatau website dengan konten statis seperti blog dan sejenisnya.

PWA (Progressive Web Apps)

PWA atau Progressive Web Apps merupakan sebuah aplikasi web yang dirancang mirip dengan aplikasi mobile. Teknologi ini mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh aplikasi mobile. Teknologi ini mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh aplikasi mobile, yaitu mampu meningkatkan layanan bagi para penggunanya sehingga meningkatkan interaksi.

Untuk kelebihan dari PWA ini user atau pengunjung tidak perlu lagi menginstall aplikasi sehingga tidak akan memakan memori smartphone user layaknya aplikasi mobile. Bukan hanya itu saya sob, keunggulan PWA  lainnya adalah teknologi ini masih dapat diakses meskipun user berapa di jaringan yang lemah bahkan offline karena kecepatan aksesnya lebih baik dari pada web biasa.

Ciri-ciri aplikasi yang menggunakan PWA diantaranya adalah Instant Loading, Responsive, Tidak terganggu konektivitas jaringan, Bentuknya mirip seperti aplikasi mobile, bisa ditambahkan dihalaman utama tanpa perlu menginstall aplikasi.

Kesimpulan

Dari ulasan yang saya jelaskan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa dari kedua teknologi tersebut terdapat perbedaan yang mendasar antara AMP dan PWA. Teknologi AMP berfokus dalam meningkatkan performanya pada halaman website ketika diakses di mobile device, sedangkan PWA bertujuan untuk memberikan kean yang berbeda terhadap pengguna tanpa menguras memori pada smartphonenya (tanpa menginstall).


Oke sekian yang bisa saya sampaikan tentang Mana Yang Lebih Bagus AMP Atau PWA? Terima Kasih yang sudah berkunjung semoga bermanfaat bagi kalian semua.