8 Cara Mengatasi Rasa Malas dan Bosan Saat Menulis Konten Blog

8 Cara Mengatasi Rasa Malas dan Bosan Saat Menulis Konten Blog

Cara Mengatasi Rasa Malas dan Bosan Saat Menulis Konten Blog - Segala sesuatu yang dilakukan secara terus menerus pastinya akan menimbulkan rasa bosan, jenuh dan malas untuk melakukannya lagi, sama seperti ngeblog. Memang pada awalnya kita akan punya banyak waktu dan merasa ingin terus mengupdate postingan dengan konten-konten di blog kita. tapi nyatanya setelah dilakukan selama berbulan-bulan rasa malas, bosan dan jenuh seringkali dialami. Padahal sebagai owner blog sudah menjadi kewajiban untuk terus mengupdate blog setiap waktunya. Jadi bagaimana cara mengatasi rasa malas saat menulis blog?

Ngeblog memang sudah jadi tren di era digital ini. Apalagi dengan kehadiran platform blogger yang dibuat oleh Google bisa jadi penyalur bakat menulis kita. Selain jadi hobi, ngeblog juga dijadikan sebagai pekerjaan sampingan bahkan ada yang menjadikan blog sebagai pekerjaan utama.

Menjadi blogger memang membawa banyak keuntungan, apalagi bagi kamu yang punya skill membuat konten. Namun rasa malas dan bosan seringkali dialami banyak orang, apalagi bagi kamu yang menulis konten sendiri dan setiap hari diperhadapkan dengan blog yang harus kamu update.

Rasa malas dan bosan yang kamu alami memang wajar dan manusiawi, tapi jangan biarkan kemalasan itu membuat blog kamu menjadi tidak terurus. Tapi tenang saja karena kami akan memberikan kamu solusi cara mengatasi rasa malas dan bosan saat menulis blog.

Cara Mengatasi Rasa Malas dan Bosan Saat Menulis Konten Blog

Cara mengatasi malas menulis sebenarnya mudah, yang terpenting kamu harus niat dan terus berusaha agar bisa mengatasi rasa bosan saat menulis blog. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan buat kamu yang mager nulis konten blog.

Jadikan Menulis Sebagai Hobi

Segala sesuatu yang dilakukan dengan sepenuh hati pastinya tidak menimbulkan rasa jenuh dan bosan, termasuk juga dalam menulis konten blog. Walaupun sebagian besar alasan kamu menulis blog untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah, tapi jadikanlah kegiatan ini juga sebagai hobi kamu. Sebab jika kamu menjadikan menulis sebagai hobi, maka rasa malas dan bosan akan hilang tanpa kamu sadari.

Temukan dan Kalahkan Kompetitor

Menjadi seorang blogger pastinya memiliki banyak kompetitor. Di google, kamu bisa menemukan banyak sekali blog lain yang hampir sama dengan blog kamu. Tugas kamu sekarang yaitu temukan dan Kalahkan!

Kenapa? Karena ketika kamu memiliki tujuan, maka kamu akan terus berusaha dan melakukan segala sesuatu untuk bisa mencapai tujuan itu.

Misalnya saja pengunjung blog harian kamu hanya sekitar 100-an saja. Tapi dengan melihat blog lain yang memiliki pengunjung harian lebih dari 600 pengunjung per harinya, kamu akan merasa termotivasi untuk bisa mengalahkannya.

Ketika rasa malas itu datang kamu harus memikirkan pencapaian blogger lain, kalau mereka bisa pasti kamu juga bisa. Tanamkan hal itu dalam Pikiranmu.

Tetapkan Jadwal Ngeblog

Ngeblog memang bukan hanya soal tulis menulis saja, ada banyak hal yang harus dilakukan seperti blogwalking, bergabung di forum, mencari ide baru, membalas email dan lain sebagainya. Jika kamu melakukan semua sekaligus, niscaya kamu pasti akan kewalahan. Maka dari itu, tetapkan jadwal menulis dan patuhi.

Misalnya saja jadwalkan di siang hari kamu melakukan blogwalking, di malam hari menulis konten. Dengan ngeblog yang terstruktur dan terjadwal, rasa malas itu bisa kamu lewatkan karena kamu merasa wajib untuk tetap melakukannya.

Luaskan Pertemanan dengan Sesama Blogger

Sama seperti orang malas berteman dengan orang pintar, maka akan ikut menjadi pintar. Begitupun dengan blog, ketika kamu berteman dengan orang yang rajin ngeblog, maka kamu pun akan ikut termotivasi untuk terus mengembangkan blog yang kamu miliki. Kamu bisa berkomunikasi dengan blogger lain via email atau komentar.

Berkomunikasi dengan sesama blogger lain bisa dibilang bumbu-bumbu dalam dunia blogging loh. Di sini kamu juga bisa saling berbagi informasi tentang update terbaru, bahkan bisa saling berbagi solusi terhadap masalah blog yang kamu alami.

Hasilkan Uang dari Blog

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa sebagian besar orang bermain blog untuk mendapatkan uang. Yah hal itu memang sangat wajar, justru ketika kamu bisa menghasilkan uang dari blog, maka kamu bisa mengatasi rasa bosan saat menulis blog. Karena kamu akan merasa bahwa menulis tidak hanya sekedar menulis, tapi juga bisa menghasilkan uang.

Uang memang bisa dijadikan motivasi agar bisa lebih giat menulis, tapi justru hal inilah yang terkadang membuat orang menjadi terjebak, dalam artian gagal dalam blognya. Kita bisa melihat banyak blog yang tidak terurus lagi karena pemiliknya sudah beranjak pergi.

Hal itu dikarenakan mereka hanya berfokus untuk menghasilkan uang. Mereka bermimpi bisa menjadi kaya dari blog, dan ketika mereka tidak mendapatkannya mereka langsung malas melakukannya lagi.

Kita tau sendiri bahwa sebuah blog tidak akan menghasilkan uang secara instan, diperlukan tahap demi tahap agar bisa mencetak penghasilan. Dalam hal ini sebaiknya kamu jadikan blog sebagai ajang investasi, yang bisa kamu tuai di masa yang akan datang. Dengan begitu kamu tidak menjadi malas lagi karena ada sesuatu yang kamu harapkan di waktu yang akan datang nanti.

Menulis dengan Hati

Bukan cuma pacaran saja yang memerlukan hati, tapi menulis juga membutuhkan perasaan dalam mengerjakannya. Faktanya rasa malas seringkali dialami oleh seseorang yang menulis tidak menggunakan hati, tapi nafsu untuk memperoleh hasil.

Sama seperti menulis ketika dijadikan sebuah hobi, kamu akan merasa lebih nyaman mengerjakannya. Kalau kamu nyaman dan senang mengerjakannya, otomatis rasa malas itu tidak akan timbul dalam diri kamu.

Banyak Membaca

Seringkali rasa malas menulis timbul karena kita bingung mau nulis apa. Karena menulis membutuhkan jiwa berpikir yang tinggi, maka yang kamu perlukan adalah memperbanyak membaca. Dengan banyak membaca kamu akan mendapat banyak inspirasi dan ide yang bisa kamu tulis.

Menulis Sesuai Passion

Cara mengatasi rasa malas saat menulis blog selanjutnya yaitu menulis sesuai dengan passion. Apapun yang dilakukan sesuai dengan kegemaran, kamu pasti akan melakukannya dengan sepenuh hati. Misalnya saja, kamu tidak tau apa-apa tentang mesin, tapi kamu menulis konten yang berkaitan dengan mesin.

Kamu pastinya merasa bosan, ya kalau beberapa konten saja mungkin masih aman, tapi kalau setiap harinya kamu menulis konten seperti itu, ya pasti bakalan bosan juga. Lain hal jika kamu suka dengan fashion dan kamu menulis konten yang berkaitan dengan fashion, pasti kamu akan suka dan tidak merasa bosan menulisnya sekalipun setiap hari.

Menjadi blogger memang susah-susah gampang, rasa jenuh, malas, bosan, capek ngetik berlama-lamaan di depan komputer seringkali kita alami. Tapi jika melakukannya dengan niat dan tulus, maka kita pun bisa menuai hasilnya.

Oke sekian yang bisa saya sampaikan tentang 8 Cara Mengatasi Rasa Malas dan Bosan Saat Menulis Konten Blog Terimakasih yang sudah berkunjung semoga bermanfaat bagi kalian semua.